Senin, 15 Februari 2016

Membaca Tiga Nama Ini Membuat Orang Madura Tersenyum

Terkadang, pada suatu kata yang bagi orang lain sangat serius, bagi kita justru menjadi lelucon. Penyebabnya lebih sering karena perbedaan arti meski berasal dari kata yang sama atau hampir sama. Perbedaan arti tersebut terjadi karena perbedaan bahasa yang digunakan.
Tiga nama orang terkenal berikut adalah contoh dari pernyataan di atas. Nama-nama ini akan terdengar tidak lumrah bagi orang Madura karena maknanya dalam bahasa Madura yang tampak tak cocok dijadikan sebuah nama. Mereka akan tersenyum-senyum saat membacanya. Nama-nama tersebut, yaitu:

La Nyalla Mattalitti
Sosok ini sangat terkenal di dunia sepakbola tanah air. Namanya kerap muncul, terlebih saat kisruh PSSI beberapa waktu lalu. Dia adalah salah satu pengurus PSSI.

Mengapa nama tersebut terkesan unik bagi orang Madura? “La Nyalla” hampir mirip dengan kata la-nyala, hanya membuang satu huruf L di tengah. “La-nyala” dalam bahasa Madura memiliki makna negatif, yaitu mengganggu atau merecoki urusan orang lain.

Safir Senduk
Dia adalah seorang perencana keuangan independen yang cukup terkenal. Beberapa buku telah ditulisnya berkaitan dengan tema perencanaan keuangan, salah satunya berjudul “Siapa Bilang Jadi Karyawan Nggak Bisa Kaya?”. Tweet-tweetnya tentang perencanaan keuangan bisa dibaca di: @safirsenduk

Yang membuat orang Madura tersenyum adalah kata “Senduk” dalam nama tersebut. “Senduk” dalam bahasa Madura bermakna sendok. Sinonim dari kata tersebut adalah “soduh” dan “tesi”.

Djamaludin Ancok
Dia lahir di Bangka pada 1946 dan merupakan seorang Guru Besar di Fakultas Psikologi UGM. Selain menjadi dosen, dia juga mengisi berbagai seminar dan menulis di sejumlah media. Dia terkenal sebagai ahli psikologi.
Yang membuat nama ini unik bagi orang Madura adalah penyematan kata “Ancok”. Kata ini sangat tabu diucapkan karena bermakna saru. Saya tak akan menjelaskannya di sini. :)
Itulah nama-nama yang memberi kesan unik di telinga masyarakat Madura. Mungkin masih banyak nama lain yang unik, tapi tak diketahui oleh saya. Jadi, tulisan di atas hanya berdasar pengetahuan saya yang pendek. :)
Share:

4 komentar:

  1. kata dalam nama terakhir merupakan kesukaan penulis

    BalasHapus
  2. Gitu ya. Saya suka nama terakhir. Kek keren gitu sepertinya. ahhaha

    BalasHapus