KELAKAR

SENGGANG

LENSA

Dua Video tentang Aktivitas Sastra di PP Annuqayah

Alur penceritaan dalam dua video ini memiliki kesamaan, meski ditayangkan di televisi berbeda dan dalam kurun yang berbeda pula. Boleh jadi karena wartawannya sama, sehingga hasilnya hampir mirip. Tapi, tentu saja rekaman seperti ini cukup berarti, terutama bagi PP. Annuqayah, Guluk-Guluk, Sumenep. Sebagai salah satu pesantren yang lekat dengan dunia tulis-menulis, Annuqayah telah menyumbang lahirnya penulis-penulis tanah air. Karena itu, publikasi semacam ini sangat penting agar ada catatan yang bisa disampaikan kepada generasi mendatang.

Dua video ini menggambarkan sekelumit saja tentang aktivitas kesusastraan yang berada di Annuqayah. Durasi yang pendek, karena ditampilkan di televisi, tentu saja tidak bisa mengakomudasi keseluruhan aktivitas kesusastraan di Annuqayah yang sudah memiliki riwayat yang panjang. Sastra di Annuqayah sudah menjamur jauh sebelum wartawan itu datang meliputnya.

Mari simak dua video berikut ini:

Video pertama ditayangkan oleh SCTV pada tahun 2013 lalu di program "Potret Menembus Batas" dengan judul "Santri-Santri yang Puitis":



Video kedua ditayangkan oleh CNN Indonesia pada tahun 2016 dalam program "Inside Indonesia" dengan judul "Santri-Santri Mendaras Puisi"

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

0 komentar