KELAKAR

SENGGANG

LENSA

Saran-Saran untuk Blogger Pemula yang Ingin Menjadi Publisher Adsene

Bagi blogger pemula, diterima sebagai publisher adsense adalah kebahagiaan yang tiada tara. Seakan rencana ngeblog yang disusun bersusah-payah terbayar lunas seketika. Seakan itu adalah kemenangan yang diraih setelah perjuangan berdarah-darah sebelumnya, perjuangan untuk menulis secara rutin, riset bahan untuk konten, membangun backlink, menyebarkan tulisan di media sosial, dan sebagainya.

Pikiran seperti itu tidak sepenuhnya benar. Sebab, ketika kita berhasil mendaftar adsense, tidak serta merta akun kita kebanjiran uang. Diterima adsense sebetulnya adalah fase baru yang justru perjuangannya membutuhkan energi yang lebih besar. Kita harus membangun trafik kunjungan yang lebih besar sekaligus rajin menulis agar bisa segera meraup untung.

Saya termasuk orang yang malas mengurus adsense karena saya tidak punya energi untuk itu. Karena kemalasan itulah, saya hanya mendapatkan dua kali gajian selama hampir empat tahun. Benar, empat tahun. Blog saya waktu itu memang masih sedikit kontennya dan pengunjungnya juga masih minim, ditambah lagi dengan keengganan saya untuk menulis. Jadilah saya blogger kacangan.

Dari pengalaman bertahun-tahun itu, saya ingin menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para publisher adsense yang tergolong pemula. Berikut ini adalah poin-poinnya.

Ngebloglah dengan enjoy

Benar, kita harus enjoy. Kalau kita merasa tertekan dengan aktivitas ngeblog, sebaiknya kita perlu berpikir apakah pilihan tema (niche) blog kita sudah sesuai dengan kegemaran kita atau tidak. Jika tidak sesuai, maka dari sanalah sumber masalahnya.

Ingat, ngeblog adalah untuk jangka panjang. Jika kita merasa terus tertekan sepanjang kita ngeblog, betapa berat hidup kita. Sebagian besar blogger yang merasa tertekan dengan hal itu biasanya cepat gantung komputer (alias pensiun dini). Blognya dibiarkan menjadi sarang spiderman.

Jangan bergantung pada google adsense

Ketergantungan bisa menyebabkan kita patah hati. Saat kita mencintai seseorang dan orang tersebut memilih orang lain untuk dicintai, bagaimana perasaan kita? Sakit kan? Nah, begitu pula saat kita menggantungkan hidup hanya pada adsense semata. Ketika blog kita tidak diterima adsense, kita akan merasa putus asa. Seakan-akan hidup sudah berakhir. Padahal ada penyedia iklan lain yang bisa kita ambil dan lebih mudah untuk diterima. Misalnya, adnow.com. Memang bayarannya tidak sebesar adsense, tapi lumayanlah ketimbang tidak ada pemasukan sama sekali.

Intinya, kalau kita ngeblog hanya untuk adsense, ketika kita ditolak, kemungkinan untuk menelantarkan blog kita akan besar.

Jangan terburu-buru

Terburu-buru itu pekerjaan setan, kata orang-orang. Terburu-buru dalam berburu adsense tidak baik untuk keberlangsungan aktivitas ngeblog kita. Kesusu biasanya akan membuat blogger menggunakan segala cara agar blognya banyak dikunjungi orang. Kadang sampai lupa bahwa google punya TOS atau aturan yang tidak boleh dilanggar oleh publisher.

Karena ingin segera mendapatkan penghasilan yang banyak, mereka membuat postingan-postingan yang heboh dan vulgar. Kita tahu, postingan-postingan yang semacam itu banyak diminati oleh pembaca, tapi kita harus tahu juga bahwa hal semacam itu dibenci oleh adsense. Jika kita melanggar aturannya, tidak menutup kemungkinan akun kita akan diblokir. Kalau sudah diblokir, kita akan gigit jari...jari kaki.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

0 komentar